30 Juni 2009

LOMBA SENI

Siswa SMK Negeri 1 Bungoro kembali meraih Prestasi dalam Loma Seni Baca Puisi dan Tulis Cerpen antar siswa SMU/SMK se Kabupaten Pangkep, yang diselenggarakan oleh OSIS SMU Negeri 1 Labakkang pada tanggal 27 Juni 2009. Sulaian siswa kelas I Akuntansi sebagai Peraih Juara I Lomba seni Baca Puisi dan Agnes siswa kelas I Multi media sebagai peraih Juara I Lomba tulis Cerpen. Sementara itu dalam kegiatan Pramuka yang dilaksanakan di Kecamatan Tondong Talasa Gudep 02-003 / 02-004 /SMK Negeri 1 Bungoro berhasil meraih Juara II dalam Lomba Seni Kriya ( piala ketiga sebelah kanan kepala Sekolah )

Foto siswa saat diserahkan Piala Juara oleh Kepala SMK Negeri 1 Bungoro, Drs. H.Muh. Akbar Parollei, MM

24 Juni 2009

PENGUMUMAN KELULUSAN

Tanggal 16 Juni 2009, Pengumuman hasil ujian SMKN1 Bungoro, cukup menggembirakan semua pihak terutama siswa dan orang tuanya, karena jumlah siswa yang mengikuti ujian Nasional Dinyatakan lulus. Adapun Jumlah siswa tersebut terdiri dari :
Prog. Keahlian Akuntansi sejumlah 59 orang, Adm. Perkantoran 105 orang, Penjulana 50 orang dan TKJ sejumlah 31 orang.

Foto Siswa menjelang Pengumuman ( diberikan pencerahan dan arahan di AULA SMKN1 Bungoro)






Foto siswa setengan diumumkannya hasil Ujian tahun pelajaran 2008/2009

Workshop KTSP



Untuk melanjutkan kegiatan workshop KTSP SMKN1 Bungoro, maka setiap Kompetensi Keahlian secara internal membentuk kelompok guru kejuruan untuk menetapkan Struktur Jam, Silabus dan RPP Kompetensi Kejuruan. Tanggal 22 Juni 2009 Kompetensi Kehlian melanjutkan kegiatan Workshop tersebut dan sampai hari ini 24 Juni masih melakukan diskusi untuk memantapkan Kurikulum yang akan diberlakukan pada kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.

22 Juni 2009

workshop ktsp

Tanggal 17 Juni 2009 Guru-guru SMK Negeri 1 Bungoro mengadakan workshop KTSP dalam rangka menyesuaikan Kurikulum yang telah diberlakukan pada setiap Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Bungoro dengan Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 251/C/KEP/MN/2008 Tanggal : 22 Agustus 2008 tentang Spektrum Penedidikan Menengah Kejuruan. Dalam Workshop tersebut dibicarakan dan diusahakan akan menghasilkan Dokumen Kurikulum SMK Neg. 1 Bungoro khususnya untuk Buku II ( Silabus dan RPP ) setiap Kompetensi Keahlian. Pembicara ( Nara sumber ) dalam acara tersebut antara lain : Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Olah raga dan pemuda Kab. Pangkep ( Drs. H. Hasir ) , Pengawas Pendidikan Menengah Kab. Pangkep ( Muhammadong, S.Pd ) dan Wakasek Kurikulum SMK Neg. 1 Bungoro ( Drs. Masyhur ). Kegiatan tersebut akan diakhiri dengan pleno setiap Kompetensi Keahlian yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl. 27 dan 29 Juni 2009. Mudah-mudahan kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang akan memberi manfaaat kepada Siswa, guru dan kepada satuan pendidikan ( SMK Negeri 1 Bungoro ) demikian yang diharapkan oleh kepala sekolah ( Drs. H. Muh. Akbar Parollei, MM ) dan juga merupakan harapan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga ( Drs. Muhamad Suhufi ) yang dalam hal ini diwakili oleh kepala Bidang Dikmen ( Drs. H. Hasir )

08 Juni 2009

SOSIALISASI ISO 9001 2000

SMK Negeri 1 Bungoro mendapat kunjungan dari tim Sertifikasi ISO SAI GLOBAL ( ST NUR INSANI / Marketing Representative) pada hari ini ( Senin, 8 Juni 2009). Pada kesempatan ini sosialisasi tentang ISO dihadiri oleh komponen sekolah ( Wakasek, Ketua Kompetensi Keahlian dan guru-guru). Beberapa pertanyaan dan pernyataan yang muncul , diantaranya : Apa dampak kepada siswa, sekolah dan guru jika sekolah telah mendapat Sertifikat, Berapa Banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat dan Pekerjaan/ kesibukan apa yang muncul jika kita mengharapkan Sertifikat tersebut. Secara terperinci telah dijelaskan oleh Tim. Nah Sekarang manajer sekolah apakah siap dengan segala beban ( SDM, Dana atau lainnya ) untuk mewujudkannya???. Jawabnya : ??? tentunya harus mendapat respon baik dari warga sekolah, Pemda / Dinas Diknas, dan atau Pemerintah Pusat.

06 Juni 2009

SKKD KEUANGAN

Untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja, maka kurikulum smk dipandang perlu untuk mengadakan revisi ( atau apapun namanya) yang diarahkan untuk mengikuti perubahan yang salah satunya untuk Kelompok Bisnis dan manajemen yang sebelumnya dikenal Program Keahlian Akuntansi, akan tetapi adanya Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah No. 251/C/KEP/MN/2008 tgl, 22 Agustus 2008, maka nama tersebut berubah menjadi Kompetensi Keahlian Akuntansi dengan SKKD seperti berikut: ( sesuai hasil Pembekalan KTSP di Malang untuk 40 guru oleh VEDC Malang dari tanggal 25-29/5-2009).

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BIDANG KEAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN

PROGRAM STUDI KEAHLIAN : KEUANGAN

KOMPETENSI KEAHLIAN : 1. AKUNTANSI (119)

A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menerapkan prinsip profesional bekerja

1.1 Mengidentifikasi sektor dan tanggung jawab industrI

1.2 Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan kerja

1.3 Mengelola informasi

1.4 Merencanakan pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu dan sumber daya

1.5 Mengelola kompetensi personal.

2. Melaksanakan komunikasi bisnis

2.1 Mengidentifikasi penerima pesan

2.2 Membuat pesan bisnis

2.3 Menggunakan media komunikasi yang tersedia

2.4 Melaksanakan komunikasi bisnis.

3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

3.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

3.2 Melaksanakan prosedur K3

3.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup

3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

B. KOMPETENSI KEJURUAN

1. Akuntansi (119)

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengelola dokumen transaksi

1.1. Mengidentifikasi dokumen transaksi

1.2. Memverifikasi dokumen transaksi

1.3. Memproses dokumen transaksi

1.4. Mengarsipkan dokumen transaksi.

2. Memproses dokumen dana kas kecil

2.1 Mendeskripsikan administrasi dana kas kecil

2.2 Menghitung mutasi dana kas kecil

2.3 Menghitung selisih dana kas kecil

2.4 Mengisi dana kas kecil

2.5 Mencatat mutasi dan selisih dana kas kecil.

3. Memproses dokumen dana kas di bank

3.1 Mendeskripsikan administrasi kas bank

3.2 Menghitung mutasi kas bank

3.3 Membukukan mutasi kas bank

3.4 Menyusun laporan rekonsiliasi bank

3.5 Membukukan penyesuaian kas di bank.

4. Memproses entri jurnal

4.1 Mengelompokkan dokumen sumber

4.2 Menyiapkan jurnal

4.3 Mengarsipkan dokumen.

5. Memproses buku besar

5.1 Mempersiapkan pengelolaan buku besar

5.2 Membukukan jurnal ke buku besar

5.3 Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar.

6. Mengelola kartu piutang

6.1 Mendeskripsikan pengelolaan kartu piutang

6.2 Mengidentifikasi data piutang

6.3 Membukukan mutasi piutang ke kartu piutang

6.4 Melakukan konfirmasi saldo piutang

6.5 Menyusun laporan piutang.

7. Mengelola kartu persediaan

7.1 Mendeskripsikan pengelolaan kartu persediaan

7.2 Mengidentifikasi data mutasi persediaan

7.3 Membukukan mutasi persediaan ke kartu persediaan

7.4 Membukukan selisih persediaan

7.5 Membuat laporan persediaan.

8. Mengelola kartu aktiva tetap

8.1 Mendeskripsikan pengelolaan kartu aktiva tetap

8.2 Mengidentifikasi data mutasi aktiva tetap

8.3 Mengidentifikasi penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap

8.4 Membukukan mutasi aktiva tetap ke kartu aktiva tetap

8.5 Membukukan mutasi penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap.

9. Mengelola kartu utang

9.1 Mendeskripsikan pengelolaan kartu utang

9.2 Mengidentifikasi data utang

9.3 Membukukan mutasi utang ke kartu utang

9.4 Menyusun laporan utang.

10. Menyajikan laporan harga pokok produk

10.1 Mengkompilasi biaya

10.2 Menghitung pembebanan biaya

10.3 Menyusun laporan biaya.

11. Menyusun laporan keuangan

11.1 Membukukan jurnal penyesuaian

11.2 Menyusun laporan keuangan

11.3 Membukukan jurnal penutup

11.4 Menyusun daftar saldo akun setelah penutupan.

12. Menyiapkan surat pemberitahuan pajak

12.1 Menyiapkan dokumen transaksi pemungutan dan pemotongan Pajak Penghasilan (PPh)

12.2 Menyiapkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan pasal 21

12.3 Menyiapkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi

12.4 Menyiapkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan

12.5 Menyiapkan SPT Masa pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPn-BM).

13. Mengoperasikan paket program pengolah angka/ spreadsheet

13.1 Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah angka

13.2 Mengentri data

13.3 Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka

13.4 Membuat laporan

14. Mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi

14.1 Menyiapkan data awal perusahaan

14.2 Membuat bagan akun (chart of account)

14.3 Membuat buku pembantu

14.4 Mengentri saldo awal

14.5 Mengentri transaksi

14.6 Membuat laporan

14.7 Membuat backup file.